Shio Kelinci


Pandai dan Suka Jatuh Cinta

 

A. Karakter dan Sifat Dasar

Dalam mitologi Cina, Kelinci diyakini sebagai putra bulan yang melambangkan “umur panjang”. Menurut masyarakat Cina, di dalam bulan tampak terlihat Kelinci yang berdiri di dekat batu karang dan pohon Cassia sambil menggenggam “Ramuan Keabadian”. Pada pertengahan musim gugur dan bulan hampir purnama (sekitar hari ke-14), anak-anak akan menenteng lentera berbentuk Kelinci untuk mendaki bukit dan mengamati bulan. Mereka mengagumi bayangan Kelinci yang terlukis pada bulan. Kelinci adalah lambang keanggunan, kesopanan, kebijaksanaan, keramahan, dan keindahan. Menurut mereka, keberadaan Kelinci dan bulan hampir serupa dengan pemilik Shio Kelinci yang berbudi bahasa, memiliki nilai seni, sikapnya luwes, cekatan, jago diplomasi. Shio Kelinci dipandang cemerlang di bidang hukum, politik, dan pemerintahan. Shio Kelinci cocok menggeluti bisnis valuta. Insting bisnisnya tajam, ahli berdiplomasi, dan lihai berunding. Ia tahu kapan saatnya menghentikan kritik. Ia tidak suka membuat orang lain malu di muka umum. Ia terampil dalam menyelamatkan muka dan harga diri, baik harga dirinya maupun temannya.

Shio Kelinci menyukai kehidupan yang tentram, damai, tenang, dan menyenangkan. Namun, ada kalanya ia tampak murung. Pada waktu tertentu, ia seakan tersisih dari lingkungannya dan menjadi acuh tak acuh. Pribadinya merupakan perpaduan kontradiksi banyak sifat dan sulit ditebak. Shio Kelinci cenderung pembawaannya tenang, berbudi luhur, hangat terhadap orang, sopan, peka, dan waspada. Ia beranggapan semua orang di dunia dilahirkan sebagai orang baik sehingga ia akan menghadapi segala sesuatu dengan niat baik dan tulus. Ia tidak pernah menaruh rasa curiga kepada siapa pun. Ia sangat cinta kedamaian. Ia mampu bersikap netral, baik dalam pembicaraan maupun perbuatan. Oleh sebab itu, ia bisa berteman dan akrab dengan siapa pun. Pemikirannya sangat tajam dan matang, terutama menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Ia bersikap selalu hati-hati, tidak gegabah, dan atas dorongan hati. Walaupun tidak pernah menaruh rasa curiga, ia cukup paham apabila ada bahaya mengancam dan segera menyelamatkan diri. Tak salah dikatakan “Kelinci yang licik mempunyai tiga liang persembunyian untuk mengecoh musuhnya”. Ia pandai menyembunyikan tujuan untuk menyiasati lawan dengan kamuflase dan teka teki. Dari penampilannya, ia tampak lugu. Ia royal, murah hati pada teman, tetapi cuek bila disuruh untuk berkeluarga. Ia senang berpacaran dan bercinta, tetapi berusaha untuk menjauhi komitmen dan terikat. Ia akan terus “berlari” selama masih bisa menghindari sebuah komitmen yang mengikat. Baginya, berkeluarga adalah hal yang membosankan. Tidak salah bila kepala Kelinci dipakai sebagai simbol majalah Play Boy.

Shio Kelinci suka meremehkan pandangan oran, tetapi tidak tahan dengan kritik, konflik, apalagi pertengkaran. Ia suka mengutamakan kehendaknya. Shio Kelinci dapat bersikap lembut dan patuh terhadap orang yang dicintainya. Sebaliknya, ia bisa bersandiwara atau berpura-pura kejam terhadap orang yang dibencinya. Ia gampang sekali terganggu oleh hal-hal yang kurang menyenangkan di sekelilingnya. Padahal, ia termasuk pribadi yang penuh tenggang rasa, sederhana, dan bijak. Ia ingin agar orang lain pun bersikap sama. Ia percaya bahwa bersikap manis terhadap orang lain itu hal yang gampang, gratis, dan menyenangkan.

Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah pribadi yang cerdik, penuh kasih, dan berpengetahuan luas serta memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama. Shio Kelinci yang dilahirkan antara 01.00-03.00 adalah pribadiyang berwibawa dan memiliki kontrol diri yang baik. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah pribadi yang tenang, energik, tanggap, mampu berpikir secara cepat, dan agresif. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 adalah pribadi yang bijak, adil, dan memiliki bakat filosof yang luar biasa. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 adalah pribadi yang ambisius, berpendirian teguh, dan suka memerintah, tetapi tidak suka “mengotori tangannya” sendiri. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 adalah pribadi yang pemurung, suka merenung, intuitif, dan sangat peka pada lingkungannya.  Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 adalah pribadi yang periang, percaya diri, dan tidak mau kalah. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 adalah pribadi yang simpatik, murah hati, toleran, dan penuh cinta kasih, tetapi cenderung “besar pasak daripada tiang”. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 adalah pribadi yang ndablek, berkepala dingin, penuh kelakar, dan jago berdiplomasi. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 adalah pribadi yang berperasaan halus, pandai menilai sesuatu, dan bijaksana. Shio Kelinci yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 adalah pribadi yang ramah, terus-terang mengutarakan pendapat, dan tidak egois. Shio Kelinci yang dilahirkan antara 21.00-23.00 adalah pribadi yang halus, suka membantu, dan tidak egois.

 

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kelinci

Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kelinci, yaitu Shio Kelinci Logam, Kelinci Kayu, Kelinci Air, Kelinci Api, dan Kelinci Tanah.

a. Shio Kelinci Logam

Shio Kelinci Logam lebih kuat secara fisik dan mental dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya. Ia tak suka berkompromi, asyik pada dunianya, komitmen pada cita-citanya, percaya diri, dan mampu memecahkan semua permasalahan pribadinya. Ia yang memiliki inisiatif dan tanggung jawab yang tinggi. Ia bisa saja menjadi licik, tetapi mampu menyembunyikan segala ambisinya dengan baik di balik logika dan keenceran otaknya. Ia tahu caranya menikmati hidup. Ia menyukai karya seni, baik musik maupun benda-benda bernilai seni. Ia pekerja keras dan sangat teliti sehingga karier apa pun yang dipilihnya akan bisa dijalankan dengan mulus. Namun, jiwanya yang romantis menyebabkannya bekerja atau berkarya tergantung mood. Ia akan menghasilkan karya terbaik pada saat muncul inspirasi dari dalam dirinya.

 

b. Shio Kelinci Air

Shio Kelinci Air tergolong individu yang sensitif, emosional, anti-kekerasan, dan cenderung menghindari rasa dengki, perbedaan pendapat, atau pertikaian. Ia pandai membaca pikiran dan perasaan orang lain. Ia memiliki daya ingat dan kekuatan batin yang luar biasa menakjubkan. Ia mudah tersinggung dan sering mengingat rasa kecewa atau perasaan terluka walaupun telah terjadi sekian lama. Kalau suasana hatinya buruk, ia sering mencurigai motivasi atau gerak-gerik orang lain. Kalau suasana hatinya sedang baik, ia berkenan membuka diri dan meminta bantuan kepada semua pihak.

 

c. Shio Kelinci Kayu

Shio Kelinci Kayu adalah sosok yang dermawan dan penuh pengertian, tetapi memiliki ambisi yang besar untuk sukses. Perlahan tapi pasti, ia mampu mendaki tangga keberhasilan. Usaha bersama dan kebersamaan akan memberinya rasa aman. Ia suka menjadi bagian dari suatu kelompok, tetapi ingin berdiri di pihak netral dan sangat menolak untuk mencampuri urusan orang lain. Ia mampu memilah-milah persoalan, kemudian mengambil langkah penting untuk mengisolasi diri. Shio Kelinci Kayu gampang menyesuaikan diri dalam bidang apa pun.

 

d. Shio Kelinci Api

Shio Kelinci Api adalah sosok yang demonstratif, periang, dan penuh kasih. Karakternya lebih kuat dibandingkan Shio Kelinci unsur lainnya. Temperamennya berapi-api dan emosinya cepat tersulut. Ia sangat sensitif, cepat naik darah, mudah tersinggung, dan sering merasa kecewa. Namun, ia mampu menyelubungi emosi yang sedang meledak-ledak dengan pesonanya yang jago berdiplomasi. Ia mampu mengemukakan pikirannya dengan baik dan mampu memimpin suatu kelompok secara bijak. Sikapnya moderat, ramah, tak mau berkonfrontasi langsung dengan lawan, dan lebih suka menggunakan mediator. Shio Kelinci Api memiliki intuisi tajam, jiwa kokoh, dan cepat menyadari perubahan. Ia butuh pengakuan, dukungan tulus dan inspirasi untuk menggapai sukses.

 

e. Shio Kelinci Tanah

Shio Kelinci Tanah selalu serius, mantap, memiliki pola pikir yang pasti, dan bertindak penuh perhitungan. Dia suka berpikir sebelum mengambil keputusan. Pribadinya seimbang, rasional, cita-citanya realilstis, dan agak kurang sabaran. Pembawaannya introvert dan mawas diri apabila dihadapkan pada sebuah masalah. Ia harus berdamai dulu dengan suara hatinya sebelum bertindak. Ia mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada secara bijak. Ia cenderung materialistis. Baginya, “kesejahteraan adalah di atas segalanya”.

 

 

Sumber: Penghitungan Jodoh, Rezeki, & Peruntungan Menurut Shio

 

 

4 Responses to “Shio Kelinci”

  1. Lha terus tahu bedanya kita ikut shio kelinci jenis apa dengan tgl lahir atw apa y??/

    • magicalsoul Says:

      tahun berapa lahirnya?
      Untuk tau jenis kelinci apa, lihat dari tahun kelahirannya:
      29 Januari 1903 – 15 Februari 1904 (Air)
      14 Februari 1915 – 2 Februari 1916 (Kayu)
      2 Februari 1927 – 22 Januari 1928 (Api)
      19 Februari 1939 – 7 Februari 1940 (Tanah)
      6 Februari 1951 – 26 Januari 1952 (Logam)
      25 Januari 1963 – 12 Februari 1964 (Air)
      11 Februari 1975 – 30 Januari 1976 (Kayu)
      29 Januari 1987 – 16 Februari 1988 (Api)
      16 Februari 1999 – 4 Februari 2000 (Tanah)
      3 Februari 2011 – 22 Januari 2012 (Logam)
      2023 – 2024 (Air)
      2035 – 2036 (Kayu)

      Setelah itu cek juga jam kelahiran anda, tabelnya bisa dilihat di homepage…

  2. Yo’i . . .

  3. aku shio kambing jenis elemen apa? 1 Juni 1967?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: