Feng Shui, Suatu Awal


A.     SEJARAH FENG SHUI

Feng shui yang dikenal oleh kebanyakan orang saat ini sebenarnya telah berkembang selama ribuan tahun yang merupakan kebijakan universal yang menjadi pedoman hidup bagi orang Cina untuk mencapai kebahagiaan, sekaligus sebagai ilmu pengetahuan yang bersumber dari budaya, adat istiadat, dan kepercayaan. Di dalam catatan, konsep dan pelatihan mengenai feng shui sudah ada sejak abad 4 SM. Pada mulanya feng shui disukai oleh petani Cina yang telah menciptakan sungai Wei dan sungai Kuning. Keberadaan manusia dan keberhasilan dalam mengolah tanah merupakan perhatian utama. Keduanya bergantung pada perubahan dan pemikiran dari perubahan langit dan bumi, hujan, banjir, salju, kemarau, dan kekeringan.

Orang Cina melihat nasibnya terjalin dengan kekuatan mencipta dan merusak alam yang luas dan menakjubkan, dan peruntungan mereka merupakan suatu misteri dari alam semesta. Nenek moyang orang Cina melihat keselarasan alam. Sehingga menganggap langit dan bumi sebagai kekuatan animistik yang menciptakan Chi, yaitu sebuah kekuatan yang menghubungkan manusia dengan keadaan di sekelilingnya (atau dapat juga disebut sebagai jiwa manusia, energi, atau napas kosmik)

Ada bermacam-macam Chi yang membuat perbedaan, seperti yang ada di atmosfir, di bumi, dan yang bergerak di dalam tubuh kita. Karena kita semua memiliki Chi, maka Chi mempengaruhi tubuh kita. Hanya saja karakteristik dan caranya dalam mempengaruhi yang berbeda-beda, dan itu yang membuat kita berbeda satu sama lain. Di samping itu, Chi manusia juga dipengaruhi oleh tahun kelahiran atau Shio dan unsur alam yang dimilikinya. Chi adalah napas yang sangat penting untuk memelihara tubuh, lingkungan, dan keseimbangan emosional.

Bagaimana energi Chi di lingkungan mempengaruhi kehidupan Anda? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya Anda memahami bagaimana Chi bergerak di dalam tubuh Anda. Energi Chi mengalir di dalam tubuh dengan cara yang sama seperti darah. Di sepanjang pusat tubuh terdapat tujuh pemusatan energi yang disebut chakra yang mirip dengan organ besar tempat darah berkumpul. Energi yang menyebar dari chakra ada 14 jalur energi chi yang disebut meridian. Ke-14 jalur energi itu mengalir melalui tangan, lengan, torso, dan kepala. Seperti aliran darah dan kapiler, mereka membawa energi chi ke saluran-saluran yang lebih kecil sampai setiap sel terisi dengan darah dan energi chi. Darah membawa oksigen dan zat gizi, sedangkan energi chi membawa pikiran, ide, emosi, dan impian dalam hidup Anda. Dia juga membawa sebagian energi chi dari lingkungan. Karena itu, apa yang dipikirkan dan di mana Anda memikirkannya akan mempunyai pengaruh langsung pada sel-sela dalam tubuh Anda. Pikiran mempunyai pengaruh langsung pada kesehatan fisik.

Energi chi bekerja seperti proses dua arah. Pikiran Anda mempengaruhi energi chi Anda, dan energi chi Anda mempengaruhi cara Anda berpikir. Jadi, lingkungan Anda akan mempengaruhi cara Anda berpikir dan merasa. Misalnya banyak orang merasakan manfaat dari berpikir positif dan sebagian mengklaim telah sembuh dari penyakit serius karena berpikir positif. Atau orang bisa sembuh dengan pindah ke lokasi baru, datang ke spa, atau lokasi yang mempunyai sarana penyembuhan merupakan cara yang sudah menjadi tradisi. Dengan pindah dari satu rumah ke rumah lain, dari satu kota ke kota lain, atau dari negara satu ke negara lain, Anda mendapatkan kesempatan untuk mengubah energi chi. Dengan cara itu, maka cara Anda berpikir dan merasa juga berubah.

Kalau energi chi di tempat Anda tinggal sesuai dengan chi yang Anda butuhkan untuk kebahagiaan, berarti ia mempunyai pengaruh positif dalam hidup Anda. Berbeda sebaliknya jika rumah Anda berdampak buruk terhadap Anda dan energi chi di beberapa tempat dapat berpengaruh negatif terhadap diri Anda. Banyak faktor yang mempengaruhi energi chi yang datang ke tubuh Anda, seperti makanan, cuaca, dan orang yang tinggal dengan Anda. Di dalam istilah feng shui, pengaruh utama adalah energi chi dari lingkungan. Itu mencakup rumah, lokasi kerja, dan lanskap di sekeliling.

Bangunan juga mempunyai pengaruh sendiri. Berada dalam bangunan besar dengan banyak ornamen seperti museum dapat membuat Anda penuh inspirasi, gembira, dan bersemangat. Bangunan kecil dan nyaman seperti cottage, kafe atau bar akan membuat rileks dan akrab. Lokasi bangunan juga mempengaruhi jenis chi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Energi chi di daerah pedesaan berbeda dengan yang ada di kota. Bepergian ke berbagai tempat di dunia dapat memberi Anda kesempatan untuk mengalami jenis energi chi yang sangat berbeda.

Sebagian situasi mengakibatkan tipe chi yang tak menguntungkan, yang mendatangkan masalah bagi penghuni bangunan, bahkan sakit fisik maupun mental. Pertama, chi negatif. Bangunan atau pelengkap rumah tertentu yang mempunyai efek negatif terhadap energi chi. Serat sintetis, bahan bangunan sintetis, pencahayaan buatan dan pendingin ruangan mengandung energi chi buatan yang secara negatif mempengaruhi energi chi penghuni dan dapat mengakibatkan kelelahan mental dan fisik. Kedua, chi mandek. Energi chi bisa mengalir lamban di pojok yang gelap, ruang yang berantakan, dan kelembaban. Akibat berikutnya, energi chi Anda akan lambat sehingga mendatangkan problem kesehatan serius dan mengacaukan arah kehidupan Anda. Ketiga, energi chi yang bergerak cepat dalam garis lurus dapat mengacaukan aliran yang melewati seluruh bangunan. Karena itu, koridor panjang, bagian bangunan yang lurus, atau berbagai hal membentuk garis lurus harus dihindari. Ia bergerak cepat, mendorong sebagian chi Anda, membuat Anda merasa tak nyaman dan terancam.

Selain petani Cina, feng shui juga digunakan oleh para kaisar yang didasarkan pada keyakinan bahwa dengan menggunakan feng shui mereka dapat menghimpun energi Chi untuk mencapai tujuan hidupnya. Misalnya, untuk mempertahankan kekuasaan mereka dengan mengendalikan pemerintahannya terhadap rakyat. Mereka yakin menjalankan roda pemerintahan hanya dengan mengandalkan fisik dan kekuasaan militer saja tidak akan cukup karena ada kekuatan yang lebih besar di muka bumi ini yang tidak kasat mata yaitu suatu bentuk energi yang disebut dengan Chi. Di samping itu, feng shui juga digunakan untuk mencari lokasi pemakaman yang tepat dengan feng shuiYin atau feng shui orang mata, dan menggunakan feng shui Yang untuk mencari lokasi istana sebagai tempat tinggalnya.

Arti yang mendalam dari Feng Shui adalah memanfaatkan dan meningkatkan tenaga Chi sehingga peredaran Chi yang tersalur ke dalam tubuh kita semakin meningkat, dan itu sangat baik bagi hidup dan nasib kita yang menjadi stabil atau serasi. Sedangkan secara harfiah, feng berarti angin dan shui berarti air. Angin dan air merupakan simbol kekuatan unsur alam yang mengalir dan mempengaruhi bumi dan kehidupan untuk mencapai kemakmuran, kesehatan, dan keharmonisan. Itu artinya bahwa antara manusia dengna alam lingkungannya mempunyai hubungan yang sangat erat dan saling mempengaruhi. Oleh karena itu manusia harus dapat menjalin kehidupan yang harmonis dengan alam lingkungannya. Prinsip ini berlandaskan kepercayaan dan budaya Cina yang menganut teori keseimbangan, keselarasan Yin dan Yang I Ching Pa Kua, lima unsur, dan yang paling utama adalah pemahaman Chi napas kosmik dari Naga Langit.

Proses dan dasar hubungan manusia dengan alam semesta disebut dengan Tao. Dalam hal ini bangsa Cina mengatakan bahwa segala hal berhubungan dengan tao. Diterjemahkan sebagai Jalan  atau Panduan. Ini berarti bahwa tao menggambarkan cara alami, irama abadi dari alam semesta dan perjalanan manusia termasuk di dalamnya. Manusia dan alam mengikuti aturan yang sama. Sebagai pondasi dasar, Tao merupakan keseluruhan bagian dari keseimbangan, kesatuan harmoni dari pertentangan yang saling berhubungan. Sedangkan sebagai suatu proses, Tao sangatlah konstan, perubahan yang terus berputar, sehingga menimbulkan pertentangan satu sama lainnya. Misalnya, perputaran musim yang berjalan dari musim panas ke musim gugur, kemudian ke musim panas lagi. Dengan adanya pemahaman dari Tao, para ahli Feng Shui mencoba mencari keseimbangan untuk mencapai keselarasan dengan alam.

Ajaran Tao memercayai bahwa di dunia ini terdapat dua kekuatan kosmik, yaitu Yin (energi negatif), dan Yang (energi positif).

Kedua kekuatan ini saling bertentangan, namun jika digabungkan akan saling melengkapi dan menimbulkan keseimbangan, bahkan menjadi kekuatan yang luar biasa. Yin adalah kegelapan, sedangkan Yang adalah cahaya. Tanpa adanya kegelapan, maka cahaya tidak akan ada. Tanpa adanya panas, tidak akan ada dingin. Atau tanpa adanya kematian, maka tidak akan ada kehidupan. Pada setiap unsur Yin terdapat sedikit unsur Yang, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hal itulah lambang antara Yin dan Yang selalu berdampingan dan disertai titik. Artinya, lambang Yin mengandung titik Yang dan lambang Yang mengandung titik Yin. Yin dan Yang digambarkan dalam bentuk lingkaran yang didalamnya terbagi menjadi dua bagian yang sama bentuk dan ukurannya, kedua bagian itu terdiri dari warna hitam dan warna putih untuk membedakan peradaban kedua prinsip.

Konsep Yin dan Yang mempunyai peranan dalam kedekatan dari segala aspek suatu tujuan. Sehingga menimbulkan keseimbangan dan menghasilkan sebuah keserasian terhadap lingkungan sekitarnya. Misalnya, Anda ingin membuat suatu kolam, namun kendala yang ada yaitu kolam tersebut (Yang) terlalu luas daripada rumah (Yin). Untuk itu keseimbangan taman harus dibuat untuk menyelaraskan unsur-unsur yang ada. Tao di sini dipergunakan untuk mengubah kejanggalan bentuk dari rumah. Dalam hal ini, unsur yang lain seperti tanaman, penerangan, atau bahkan interior kaca dapat digunakan untuk memperbaiki keseimbangan bangunan. Sehingga rumah akan tampak indah dengan suasana kolam yang tenang dan sejuk.

Seiring dengan waktu yang berjalan, penggunaan feng shui semakin berkembang. Tidak hanya dipergunakan oleh masyarakat Cina saja, tapi juga oleh masyarakat luar Cina. Bahkan sudah merambah pada negara maju, seperti Amerika Serikat dan Eropa. Walaupun begitu tampaknya ada juga masyarakat yang tidak memercayai feng shui. Sedangkan untuk feng shui sendiri mempunyai banyak aliran antara satu dengan yang lainnya belum tentu memiliki kesamaan. Oleh karena itu Anda harus mengetahui aliran-aliran dasar feng shui terlebih dahulu untuk memudahkan Anda mencapai keseimbangan dengan alam.

 


B.     ALIRAN DASAR FENG SHUI

Sejarah mencatat bahwa Feng Shui telah digunakan di Cina paling tidak sejak Dinasti Tang. Yun Sang, seorang seniman/budayawan Cina, secara umum diakui sebagai penemu feng shui (sekitar zaman Kaisar Hi Tsang 888 SM). Rumusan klasik Master Yang tersebut sampai sekarang masih terus dipelajari. Sedangkan Master itu sendiri dikatakan sebagai penasihat kaisar Hi Tsang. Adapun rumusan dari Master yang tersebut yaitu memberi tekanan pada bentuk Gunung, arah aliran air dan angin. Kegunaan utama dari rumusan tersebut adalah untuk penentuan lokasi dan pemahaman pengaruh Naga dan makhluk langit lainnya yang sangat dipuja oleh orang Cina.

Untuk lebih jelasnya mengenai rumusan Master Yang tentang Feng Shui dirangkum dalam karya-karyanya, seperti Ching Nang Ao Chih (metode untuk menemukan letak guru Naga), I Lung Ching (prinsip mendekati naga), Han Lung Ching (seni membangkitkan naga). Secara umum ketiga buku unu membahas tentang metode dan teknik untuk menemukan naga yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Untuk selanjutnya prinsip Master Yang dianggap sebagai dasar Feng Shui aliran bentuk dengan merasionalkan pengertian tempat yang baik dan buruk dari lambang Naga. Itu artinya feng shui aliran bentuk memilih lokasi berdasarkan kondisi alam lingkungan/tempat yang baik. Pengertian tentang alam lingkungan /tempat baik yang dimaksudkan itu adalah tempat yang dihuni dapat mendatangkan Hewan Langit. Berdasarkan hal tersebut, maka para ahli feng shui aliran bentuk akan memilih lokasi yang baik itu dengan mencari hewan langit yang secara fisik berupa bentuk aliran air, gunung, lembah, tanah, dan orientasi arah.

Adapun hewan langit yang dimaksudkan itu antara lain:

1. Naga Langit

Masyarakat Cina menganggap naga sebagai lambang kekuatan, keberanian, kebaikan, dan pendirian yang teguh. Di samping itu, naga juga dianggap sebagai lambang kekuatan yang produktif yang mampu meningkatkan semangat kehidupan untuk mencapai kebahagiaan. Naga bagi masyarakat Cina adalah makhluk yang tertinggi dan raja dari semua binatang yang ada di alam, karena naga dianggap dapat hidup di laut, di darat, dan terbang di langit tanpa sayap. Walaupun begitu naga tidak dianggap sebagai Dewa. Napas naga merupakan energi yang luar biasa dahsyat. Menurut feng shui naga langit melambangkan arah timur.

 

2. Macan Putih

Macan putih dianggap sebagai lambang kekuatan, militer, dan wibawa dengan sosoknya itu. Macan putih dipercaya mampu mengusir setan atau roh jahat. Dalam feng shui dikenal macan putih yang telah berusia ratusan tahun dan bila macan tersebut bergabung dengan naga hijau, maka kekuatannya dapat menciptakan Chi kosmik yang banyak. Menurut feng shui macan putih melambangkan arah barat.

 

3. Unikorn/Kuda Naga

Unikorn merupakan makhluk berbentuk seperti kuda, namun mempunyai ciri-ciri serupa naga dengan kulit bersisik dan sirip api. Unikorn disebut juga sebagai Kuda Naga. Unikorn dianggap sebagai lambang panjang umur, kebahagiaan, dan kebijakan. Selain itu, makhluk ini dapat mendorong anak menjadi seorang yang berhasil dan berbakti.

 

4. Kura-kura Hitam

Kura-kura hitam dianggap sebagai makhluk suci dan lambang panjang umur, kekuatan, dan daya tahan. Menurut feng shui kura-kura melambangkan arah utara.

 

 

5. Burung Hong Merah

Burun Hong merah yang terkenal keindahannya dan mirip seperti burung merak itu dianggap sebagai raja dari semua jenis hewan berbulu. Burung Hong merah ini dianggap sebagai lambang musim panas dan kehangatan matahari dan api. Burung Hong dipercaya dapat memberikan kebahagiaan bagi rumah tangga karena dapat  membantu pasangan keluarga untuk mendapatkan keturunan. Konon burung Hong ini akan menampakkan diri pada saat yang tenang dan makmur. Dalam feng shui burung Hong melambangkan arah selatan.

Pada perkembangan selanjutnya yang berdasarkan alam lingkungan dan pengetahuan manusia, kemudian muncul aliran Kompas atau aliran Mata Angin yang menyatakan bahwa dalam mencari lokasi yang terbaik untuk rumah tinggal tidak hanya tergantung pada kondisi alam lingkungan saja, tetapi juga harus sesuai dengan energi dan unsur yang melekat pada setiap manusia. Berbeda dengan aliran bentuk yang bersimbolkan hewan langit, aliran kompas atau mata angin ini menggunakan simbol Pa-Kua yang digabungkan dengan suatu alat yang disebut kotak ajaib Lo-Shu, sehingga terbentuk metode merumuskan arah yang paling sesuai untuk pribadi seseorang terhadap lingkungannya. Dengan kata lain, simbol Pa-Kua dan kotak ajaib Lo-Shu merupakan alat bantu untuk mengenali kekuatan dan kelemahan dari setiap manusia.

Lo-Shu yang asli sudah dikenal dalam legenda Cina lebih dari empat ribu tahun yang lalu. Konon, ditemukan kura-kura raksasa di Sungai Lo yang terletak di wilayah tengah Cina. Di atas tempurungnya terdapat tanda yang terbagi atas sembilan bagian. Setiap bagian itu memiliki tanda antara 1 sampai 9 titik. Keseluruhan titik pada kotak-kotak tersebut bila dijumlahkan secara horizontal, vertikal, ataupun diagonal akan menghasilkan angka 15. Itulah sebabnya Lo-Shu dikatakan sebagai kotak ajaib.

Sedangkan Pa-Kua adalah segi delapan dengan delapan Trigramnya yang melambangkan delapan arah mata angin dengan kompas Cina yang empat arah mata angin utama yaitu: utara yang diletakkan di bawah, selatan yang diletakkan di atas, timur di sebelah kiri, dan barat di sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian Pa-Kua itu sendiri diperlukan pemahaman lebih lanjut mengenai simbol dari setiap Trigram seperti yang dijelaskan di bawah ini, yaitu:

Ì  Trigram Chien digambarkan dengan tiga garis utuh tidak terputus, yang diartikan dengan warna terang yang merupakan sifat Yang. Trigram Chien ini merupakan simbol Ayah, logam besar dan hewan Kuda. Itulah sebabnya Chien diartikan sebagai kepala keluarga dengan sifat kebapakannya dan juga sifat kekuatan, kekuasaan, dan keuletan. Selain itu, Chien juga diartikan sebagai langit, angkasa luar, dan kreativitas. Arah mata angin yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit awal adalah arah Selatan, tetapi menurut Pa-Kua susunan langit lanjutan adalah arah Barat laut.

Ì  Trigram Kun digambarkan dengan tiga garis terputus, yang diartikan dengan kegelapan dan menerima yang merupakan sifat Yin. Trigram Kun ini merupakan simbol Ibu, bumi, dan hewan Sapi. Dengan sifatnya yang keibuan, sabar, dan penerima, Trigram Kun ini dikatakan sebagai pasangan yang sempurna bagi Chien. Arah mata angin yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit awal adalah arah Utara, tetapi menurut Pa-Kua susunan langit lanjutan adalah arah Barat daya.

Ì  Trigram Kan digambarkan dengan sebuah garis utuh di tengah dan dua garis putus yang mengapit garis utuh yang ada di tengah. Trigram Kan dianggap melambangkan Putra Tengah dan unsurnya air dan musim dingin. Garis utuh yang dikurung dua garis putus Yin yang dapat menimbulkan bahaya dan kesedihan. Itulah sebabnya Trigram Kan disebut juga simbol kerja keras untuk mengatasi keadaan yang dilambangkan dengan warna Merah. Arah mata angin Trigram Kan yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit awal adalah arah Barat, tetapi menurut Pa-Kua susunan langit lanjutan adalah arah Utara.

Ì  Trigram Li digambarkan dengan sebuah garis putus Yin di tengah yang diapit dua garis utuh yang di luarnya. Trigram Li dianggap melambangkan Putri Tengah dan unsurnya api. Trigram Li tampak kuat dan kokoh melambangkan bagian luarnya adalah dua garis Yang utuh tetapi sebenarnya mudah goyah dan lembah karena bagian tengahnya kosong. Trigram Li melambangkan Sapi yang menggambarkan hewan yang kuat namun penurut. Arah mata angin Trigram Li yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit awal adalah arah Timur dan pada Pa-Kua susunan langit lanjutan arah Trigram Li adalah Selatan. Arah selatan ini dianggap mewakili musim panas dimana sinar matahari menyinari seluruh permukaan bumi.

Ì  Trigram Ken digambarkan dengan sebuah garis utuh dan dua garis terputus di bawahnya. Trigram Ken dianggap melambangkan Putra Bungsu dengan sifat pendiam. Trigram Ken melambangkan Gunung yang sifatnya pendiam namun memiliki kesatuan yang besar dan tak terduga. Selain itu, Trigram Ken juga melambangkan unsur tanah kecil. Arah mata angin yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit awal adalah arah Barat laut, tetapi menurut Pa-Kua susunan langit lanjutan adalah arah Timur laut.

Ì  Trigram Chen digambarkan dengan dua garis putus Yin dan dua garis utuh di bawahnya, Tui yang disebut juga sebagai si lembut yang melambangkan Putri Bungsu dan simbolnya Ayam. Tui melambangkan danau yang membawa kesejukan dan ketenangan dan unsur yang mewakili Tui adalah Logam kecil. Arah mata angin yang sesuai menurut Pa-Kua susunan langit lanjutan adalah arah Barat yang dihubungkan dengan musim rontok.

Berdasarkan keterangan tersebut diketahui bahwa Pa-Kua mempunyai dua versi yaitu Pa-Kua susunan langit awal (kodrat awal), dan Pa-Kua susunan langit lanjutan (kodrat lanjutan). Pada umumnya bentuk garis besar kedua Pa-Kua ini tidak berbeda, hanya saja letak susunan atau urutan delapan Trigram yang terdapat dalam Pa-Kua yang berlainan. Menurut pengertian Pa-Kua bahwa susunan langit awal merupakan versi yang ideal tentang alam semesta sesuai dengan trigram yang tergambar di dalamnya. Sedangkan Pa-Kua susunan langit lanjutan trigram yang terdapat di dalamnya menggambarkan penggunaan secara praktis dan strategis dari Trigram Tanah yang berhubungan dengan Chi Bumi.

Susunan Trigram yang terdapat pada Pa-Kua susunan langit awal sesuai dengan diagram Lo-Shu. Sedangkan penggunaan Trigram dan Pa-Kua susunan langit lanjutan diagram kotak ajaib Lo-Shu di alam/kotak ajaib itu menggambarkan posisi kedelapan trigram pada rumah. Itulah sebabnya Lo-Shu ini dapat digunakan sebagai petunjuk untuk melihat, memilih, dan menetapkan ruang atau bagian rumah mana yang baik dan yang buruk bagi seseorang atau anggota keluarga. Untuk perkembangan selanjutnya Pa-Kua mempunyai peranan yang penting dalam praktik feng shui yang digunakan sebagai alat pelindung untuk mengatasi ancaman bahaya dan pengaruh buruk pada rumah dan lingkungan sekitarnya.

Dengan memosisikan kotak Lo-Shu pada Pa-Kua, masing-masing angka dalam kotak Lo-Shu akan menemukan padanannya dengan Pa-Kua, arah mata angin, kecuali angka 5 yang merupakan posisi tengah. Dengan menggunakan metode Lo-Shu dan Pa-Kua juga akan terlihat kua Anda dan arah apa yang baik bagi Anda. Angka kua pun diperoleh dari hasil rumus yang berbeda antara pria dan wanita. Dengan memperhatikan kua yang sesuai dengan Pa-Kua Lo-Shu, akan terlihat arah lokasi baik dan lokasi buruk bagi Anda. Hanya saja bagi yang sudah berumah tangga, kua biasanya disesuaikan dengan kepala rumah tangga tersebut.

Feng shui aliran kompas menganut sistem penekanan pada spekulasi metafisika dan pengaruh planet terhadap lokasi. Dalam praktik penerapan feng shui aliran kompas ini digunakan alat bantu berupa kompas yang dikenal dengan sebutan kompas geomanser Cina yang memerlukan pengetahuan secara mendetail karena banyak hal yang berhubungan secara timbal balik yang rumit dan berbelit-belit.

Walaupun antara feng shui aliran bentuk dan feng shui aliran kompas atau mata angin mempunyai simbol yang berbeda, namun hewan langit yang dipergunakan oleh feng shui aliran bentuk mempunyai arti dan pengaruh pada feng shui aliran kompas. Dan keduanya mempunyai filsafat dasar yang sama yaitu keseimbangan/keharmonisan antara manusia dan alam. Kemudian pada awal abad ke-20 keduanya digabungkan. Teori-teori aliran bentuk dengan kepercayaan pada lambang Naga yang sudah ada jauh sebelum aliran kompas, penggunaannya dapat diterima oleh pengikut aliran kompas atau mata angin. Walaupun demikian antara keduanya masih terus diteliti dan dipelajari agar lebih mudah dipahami oleh setiap manusia. Begitu pula dengan arti dan makna dari setiap simbol dan kaitannya dengan kehidupan nyata, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam mempraktikannya.

 

C.     LIMA UNSUR DASAR FENG SHUI

Pada masyarakat Cina dipercaya adanya lima unsur utam yang mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari dan lingkungannya. Adapun unsur-unsur yang dimaksud adalah tanah, logam, kayu, api, dan air. Kelima unsur tersebut dapat berhubungan dengan segala aspek, seperti waktu, musim, warna, planet, arah mata angin, organ tubuh, dan sebagainya. Misalnya, berhubungan dengan segala aspek, seperti waktu, musim, warna, planet, arah mata angin, organ tubuh, dan sebagainya. Misalnya, berhubungan dengan ilmu astrologi Cina termasuk waktu, tanggal, dan tahun kelahiran. Adapun makna yang terkandung pada masing-masing unsur, yaitu:

No.

Unsur

Warna

Lambang

1.

Tanah

Kuning

Melambangkan kebebasan dan menimbulkan kesegaran mental dan energi. Selain itu, warna kuning juga dapat menyatukan orang dan melambangkan kesabaran.

2.

Logam

Putih

Dapat membantu sesama dan karier. Warna putih ini juga dianggap sebagai warna bersih.

3.

Kayu

Hijau

Melambangkan kekayaan dan ketenaran. Di samping itu, warna hijau juga bisa menciptakan suasana tenang, damai, dan keharmonisan.

4.

Api

Merah

Melambangkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kehidupan.

5.

Air

Hitam

Dapat mendatangkan uang dan kekayaan. Di samping itu, warna hitam juga baik untuk karier.

 

Dalam perjalanannya, kelima unsur tersebut saling berinteraksi dan menghasilkan dua siklus utama yaitu siklus positif dan siklus negatif. Oleh karena itu, ada baiknya mempelajari siklus yang terjadi dari kelima unsur tersebut.

†      Siklus Positif

Siklus positif atau biasa disebut sebagai siklus produktif digambarkan dalam bentuk panah dengan urutan, yaitu:

 

    Tanah      à      Logam      à      Air      à      Kayu      à      Api      à      Tanah

Keterangan: —– >  adalah menghasilkan.

 

†      Siklus Negatif

Siklus positif atau biasa disebut sebagai siklus produktif digambarkan dalam bentuk panah dengan urutan, yaitu:

 

    Tanah      à      Logam      à      Air      à      Kayu      à      Api      à      Tanah

Keterangan: —– >  adalah menghancurkan.

 

Adanya pemahaman terhadap siklus dari kelima unsur tersebut dapat dijadikan pertimbangan untuk menciptakan keseimbangan atau keharmonisan antara lingkungan dengan unsur astrologi seseorang. Misalnya, bila Anda dilahirkan pada tahun Tanah, maka disarankan agar tidak terlalu banyak memiliki tanaman. Hal tersebut disebabkan karena tanaman merupakan unsur kayu yang dapat menghancurkan tanah. Sebaliknya, Anda disarankan banyak mengoleksi benda-benda yang berwarna merah yang diasosiasikan dengan lambang api. Hal itu dipercaya dapat menciptakan siklus positif yang menguntungkan.

Walaupun di antara unsur ada yang saling menghancurkan, namun keduanya masih dapat dimanfaatkan sehingga menghasilkan keseimbangan/keserasian. Misalnya, unsur air dapat menghancurkan/memadamkan api. Hal tersebut dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Namun kombinasi antara dua unsur yang berlawanan tidak selalu menghasilkan hal yang negatif, seperti api dapat digunakan untuk memasak air dan menghasilkan uap yang nantinya uap tersebut dapat berubah menjadi energi. Contoh lainnya yaitu unsur tanah dapat menghancurkan air. Artinya, tanah yang luas dapat menyerap air sampai habis. Namun bila keduanya digabungkan dapat memberikan kesuburan bagi tanaman. Begitu pula dengan unsur logam dapat menghancurkan kayu, tapi logam kecil bisa dimanfaatkan sebagai alat-alat pertukangan yang dapat menghasilkan barang yang berguna dan bernilai jual. Untuk selanjutnya perkembangan dari unsur ini harus terus dipertimbangkan dari sudut pandang keseimbangan/keserasian.

Pada feng-shui aliran kompas dengan menggunakan Pa-Kua dan unsur-unsur yang adal pada setiap unsurnya mewakili satu Trigram dapat diketahui arah dari mata angin. Misalnya, unsur tanah besar untuk arah barat daya, tanah kecil untuk arah timur laut, logam besar untuk arah barat laut, logam kecil untuk arah barat, air untuk arah utara, kayu besar untuk arah timur, kayu kecil untuk arah tenggara, dan api untuk arah selatan.

Untuk mengetahui unsur, karakterisitik, dan Kua yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan Shio dan tahun kelahirannya dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini.

 

SHIO

TAHUN

UNSUR

KARAKTERISTIK

KUA PRIA

KUA WANITA

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

TIKUS

KERBAU

MACAN

KELINCI

NAGA

ULAR

KUDA

KAMBING

MONYET

AYAM

ANJING

BABI

1900

1901

1902

1903

1904

1905

1906

1907

1908

1909

1910

1911

1912

1913

1914

1915

1916

1917

1918

1919

1920

1921

1922

1923

1924

1925

1926

1927

1928

1929

1930

1931

1932

1933

1934

1935

1936

1937

1938

1939

1940

1941

1942

1943

1944

1945

1946

1947

1948

1949

1950

1951

1952

1953

1954

1955

1956

1957

1958

1959

1960

1961

1962

1963

1964

1965

1966

1967

1968

1969

1970

1971

1972

1973

1974

1975

1976

1977

1978

1979

1980

1981

1982

1983

1984

1985

1986

1987

1988

1989

1990

1991

1992

1993

1994

1995

1996

1997

1998

1999

2000

2001

2002

2003

2004

2005

2006

2007

2008

2009

2010

2011

2012

2013

2014

2015

2016

2017

2018

2019

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

Logam

Logam

Air

Air

Kayu

Kayu

Api

Api

Tanah

Tanah

 

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

Yang

Yin

 

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

7

6

5

4

3

2

1

9

8

 

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

8

9

1

2

3

4

5

6

7

 

 

 

 

 

D.    I-CHING

Sejarah membuktikan bahwa budaya dan ilmu pengetahuan Cina yang sudah berusia ribuan tahun yang lalu kini mempengaruhi peradaban manusia modern. Bertahannya budaya dan ilmu pengetahuan Cina semuanya berakar pada naskah kuno Cina yang disebut dengan I-Ching. I-Ching adalah naskah kuno yang merupakan pusat dari ajaran Cina mengenai dasar pemikiran dan tingkah laku manusia dengan alam semesta. Alam semesta yang dimaksud di sini adalah segala sesuatu yang termasuk dalam satu lingkungan (termasuk manusia dan semua makhluk hidup yang ada), dan dianggap sebagai satu keutuhan.

Asal muasal adanya I-Ching ini berawal dari mitos kuno dan digunakan sebagai buku pedoman kebijakan dan buku ramalan. Konon, I-Ching adalah naskah kuno satu-satunya yang selamat dari bencana pembakaran buku-buku secara besar-besaran yang terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Qin Sin Huang Ti pada tahun 213 SM. Jadi tidak heran jika semua karya besar selama tiga ratus dekade sejarah budaya Cina itu bersumber dari I-Ching. Kehebatan dari filsafat I-Ching tidak hanya memengaruhi sikap dan pandangan masyarakat Cina, tapi juga bangsa-bangsa lain, bahkan bangsa maju sekalipun seperti Amerika dan Eropa.

Untuk pertama kalinya I-Ching dirumuskan pada 4500 tahun silam oleh Fu Xi, yaitu seorang penguasa di daratan Cina. Fu Xi memahami hukum alam dan pengaruhnya pada daya kosmis terhadap semua sendi kehidupan, maka di dalam memimpin rakyatnya beliau menjalankan kebijakan mirip praktik feng shui yaitu menyesuaikan kehidupan rakyatnya dengan kondisi dan irama alam serta menanamkan pengertian tentang kesinambungan dan keamanan.

Pengaruh I-Ching terlihat jelas pada prinsip dasar Feng Shui yang pandangannya menekankan keseimbangan antara manusia dan alam, serta penggunaan simbol Pa-Kua dengan delapan Trigram dan keseimbangan Yin dan Yang. Lambang gerak pada Yin dan Yang menunjukkan bahwa interaksi Yin dan Yang membuat perubahan, seperti perubahan dari musim dingin menjadi musim panans, perubahan antara siang dan malam, dan sebagainya. Selain itu, perubahan-perubahan tersebut juga dapat menggambarkan perubahan nasib seseorang yang terkadang ada di atas dan di bawah atau terkadang baik dan tak lama kemudian berubah menjadi buruk. Prinsip perubahan Yin dan Yang menjadi prinsip-prinsip dasar buku I-Ching.

Sedangkan simbol Pa-Kua segi delapan, pada setiap sisinya tergambar salah satu Trigram dari kedelapan Trigram, dan di tengah-tengah tergambar lingkaran Yin Yang. Pa-Kua ini tercipta melalui proses yang panjang sebab seperti diketahui bahwa delapan Trigram itu merupakan akar dari ke-64 Heksagram yang terdapat dalam naskah I-Ching, demikian pula dengan lambang Yin dan Yang. I-Ching dengan 64 Heksagramnya itu masing-masing berisi kombinasi dari garis utuh dan garis putus sebagai lambang tenaga (energi) kutub alam semesta. Sedangkan delapan Trigram I-Ching yang tergambar dalam Pa-Kua ini dipercaya sebagai sumber kemampuan dan kekuatan yang dimiliki Pa-Kua.

Yang bersifat positif itu digambarkan dengan garis utuh dan Yin yang bersifat negatif digambarkan dengan garis putus. Garis-garis ini mula-mula disusun di dalam delapan Trigram yang terdiri atas tiga garis yang merupakan simbol beberapa aspek alam, masyarakat, dan pribadi. Trigram ini terbentuk dari lekukan balok kayu, tangkai, dan logam dimana kebudayaan Cina kuno akan mengarah kepada pertanda-pertanda, petunjuk dan kebijaksanaan. Ke 64 Heksagram sebenarnya merupakan gabungan dari delapan Trigram yang menjadi beberapa kombinasi, yaitu 64=8×8 kombinasi. Ke 64 Heksagram ini berisi catatan dan kesimpulan yang dapat memberikan petunjuk dan jawaban atas pertanyaan atau masalah tertentu.

Pada kondisi selanjutnya banyak orang Cina yang mengartikan lain tentang Trigram, yaitu hubungan keluarga, petunjuk, musim, warna, bagian-bagian tubuh atau muka, bagian dari rumah. Di samping itu, Trigram juga menjadi lambang delapan peruntungan atau tingkat kehidupan yang berkisar tentang perlindungan dan pertolongan pada perkawinan yang bahagia. Begitu juga dengan I-Ching yang tidak hanya digunakan untuk keyakinan yang suci dan tujuan-tujuan filosofi, akan tetapi dapat juga menjadi instrumen mistik yang tinggi.

I-Ching ditampilkan dalam bermacam-macam seni, seperti seni membaca wajah, pengobatan gaib, meramal, dan tentu saja feng shui. Dalam feng shui, suatu bentuk yang bersegi delapan, kedelapan Trigramnya disebut Ba-Gua (akan dibahas pada bab tersendiri), menggunakan peralatan-peralatan mistik untuk mendiagnosis lingkungan dan ketidakseimbangan hidup. Hal itu merupakan suatu bimbingan untuk meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Bentuk dari Ba-Gua melapiskan ke atas dalam rancangan dari suatu ruang, rumah atau bidang tanah untuk menetapkan daerah mana yang memerlukan perhatian. Sebagai contoh rumah dengan kamar mandi yang terletak pada tempat yang baik dapat menunjukkan keuangan keluarga yang sedang bergejolak.

 

 

E.     CARA KERJA FENG SHUI

Mungkin tidak sedikit yang tidak memercayai feng shui karena dianggap sebagai sesuatu yang mistik. Padahal untuk menjalankan feng shui tidak memerlukan kepercayaan atau keyakinan. Berbeda dengan teori motivasi yang menyaratkan kepercayaan dan keyakinan dimana Anda bisa jika percaya dan yakin. Sedagnkan feng shui tidak memerlukan kepercayaan atau keyakinan siapapun. Begitu juga dengan ilmu materialisasi yang menyaratkan visualisasi obyek dalam pikiran Anda, feng shui tidak peduli ada visualisasi atau tidak. Karena feng shui tetap akan bekerja walaupun tidak ada orang yang memercayai, memikirkan, atau meyakininya. Jadi Anda tidak perlu memercayai atau meyakini feng shui. Kenapa? Karena feng shui bukan sebuah agama yang memerlukan suatu keyakinan atau kepercayaan. Semua berjalan apa adanya dan Anda hanya melihat hasilnya. Sama halnya ketika Anda melakukan latihan Tai Chi dimana Anda tidak perlu percaya bahwa latihan yang benar akan menyehatkan. Semuanya mengalir seperti apa adanya.

Anda salah jika menganggap feng shui sebagai sesuatu yang mistik. Karena dari syarat-syarat keilmuan yang terpenuhi (deskripsi dan prediksi, bahkan falsifikasi Popper), feng shui dapat digolongkan sebagai ilmu fisika karena mengungkapkan fenomena alam dengan hukum-hukumnya yang terbukti valid. Sebagai contoh, teori dualisme Yin Yang yang merupakan sebuah teori yang paling realible Apakah ada fenomena alam yang tidak sejalan dengan teori ini?

Bagaimana dunia jika tidak ada sistem matematika feng shui? Yang jelas peradaban manusia tidak akan mengenal komputer atau peralatan elektronika. Karena feng shui adalah dasar digitalisasi! Gottfried Wilhelm Leibniz, seorang filsuf Eropa terkenal, mendapat “insight” sistem aritmetika biner yang menjadi dasar digitalisasi karena model matematika Shao Yung, seorang Feng Shui Master abad 11 (1011-1077)-Encyclopedia Britannica. Kalau bagian perpheral dari ilmu feng shui saja telah mengubah sejarah manusia, bagaimana bagian intinya?

Chi sebagai sentral ilmu feng shui sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, pengobatan herbal dan akupuntur misalnya. Para filsuf tiongkok kuno berpendapat bahwa chi adalah energi primordial yang dihembuskan oleh Tuhan, merupakan sumber energi terpenting bagi kehidupan di alam semesta. Dari bakteri sampai manusia semuanya hidup karena chi. Memang sangat sulit melihat chi secara visual, kecuali pada beberapa orang yang memilki kepekaan indra yang tinggi. Secara simbolik beberapa master mengungkapkan chi seperti uap yang keluar dari orang menanak nasi. Ada juga yang menggambarkan chi adalah sejenis cahaya yang panjang gelombangnya di atas sinar ultraviolet dan sinar gamma.

Berdasarkan realitas di atas bukankah feng shui memiliki pijakan rasional? Sayangnya perkembangan feng shui di Indonesia masih terhambat oleh persepsi negatif. Menurut Akino W. Azzaro, seorang pakar feng shui, persepsi ini timbul karena keterbatasan rasionalitas manusia dalam memahami fenomena alam seperti energi bumi misalnya. Sesuatu yang tidak dapat dilihat dianggap tidak ada. Apakah ini logis? Justru sangat tidak logis. Kisah dalam Kitab Suci membuktikan hal ini. Misalnya kisah orang Majus. Mengapa mereka disebut orang bijak? Karena mereka mampu melihat yang tak terlihat. Ahli Taurat Yahudi tidak mampu  melihat bakal lahirnya Yesus. Raja Herodes yang diklaim “Agung” plus seluruh cendekiawannya juga tidak dapat melokalisir di mana dan kapan Nabi Isa akan lahir. Ironisnya, orang Majus dari “Timur” mampu mendeteksi hanya dengan melihat pola bintang. Beberapa tahun sebelum hari “H”, mereka sudah berjalan menuju Bethlehem dan secara presisi “tempat dan waktu” menemukan kandang domba “dimaksud”.

Dalam dunia science modern, kita juga memiliki banyak “orang majus”. Salah satunya adalah Dr. Ernst Hartmann, seorang dokter berkewarganegaraan German yang berhasil melihat jaringan energi di permukaan bumi. Untuk menghormati temuannya jaringan energi ini disebut sebagai Hartmann Net. Jaringan energi ini adalah sebuah rangkaian energi bumi yang membentang dari Utara ke Selatan dan dari Timur ke Barat dalam bentuk grid. Energi yang timbul dapat dikategorikan sebagai energi radiasi yang muncul dari tanah membentuk kotak dengan lebar 21 cm. ZBerorientasi ke Utara dan Selatan dengan interval 2 meter. Ketika membentang dari Timur ke Barat ukurannya adalah 2,5 meter.

Setiap simpul pertemuan dari garis-garis energi ini memiliki berbagai konsekuensi. Ada yang menghasilkan energi dengan double positif, dan ada juga yang double negatif. Selain itu, kadang energi ini berupa single positif atau single negatif. Perubahan energi ini terjadi secara dinamik, tergantung berbagai gangguan, perubahan musim dan perubahan tahun. Garis energi Utara dan Selatan bersifat Yin atau energi dingin. Aktivitas energinya bersifat lambat, berhubungan dengan musim dingin, dan dapat menyebabkan kram, kelembaban, dan segala bentuk penyakit rematik. Sedangkan energi hangat atau Yang (Garis energi Timur dan Barat) bersifat panas, kering dan aktif. Jika dikaitkan dengan penyakit, energi ini menyebabkan segala bentuk pembengkakkan.

Lebih mendalam dari pengamatan Dr. Hartmann, beberapa pengamat melihat bahwa garis-garis energi ini persis sama dengan garis meridian di tubuh manusia (dalam teknik pengobatan akupuntur). Dengan demikian, maka tidak heran jika sebuah simpul energi bangunan terganggu, maka akan segera memengaruhi tubuh manusia. Tergantung dari jenis energi di bumi dan kekuatan tubuh seseorang, sebuah energi negatif akan menjadi berbahaya jika kondisi tubuh lemah. Atau dalam keadaan tubuh yang normal, namun energi bumi menjadi double negatif karena gangguan dari lingkungan sekitar (misalnya bentuk bangunan yang runcing-mengarah pada lokasi sebuah rumah). Hanya saja tidak mudah bagi orang awam untuk melihat mana yang menjadi negatif dan mana yang positif.

Feng shui adalah sebuah “tools box” yang dikembangkan dengan matematika super canggih untuk melihat sifat positif dan negatif dari distribusi energi bumi dan pengaruhnya terhadap manusia. Sejalan dengan temuan dalam ilmu psikologi lingkungan, feng shui melihat bahwa lingkungan yang balance energinya akan memberi pengaruh terhadap perilaku manusia. Jika ilmu psikologi lingkungan dapat memprediksi jenis perilaku apa yang bakal muncul dari sebuah stimulus lingkungan, maka pendekatan yang sama dilakukan oleh feng shui dengan melihat pada tata letak, bentuk, warna, dan waktu. Karena lingkungan fisik umumnya adalah tempat yang stabil (jarang berubah dalam kurun waktu yang panjang), maka lama-kelamaan perilaku akan menjadi habit (kebiasaan) dan selanjutnya seperti perkataan Stephen Covey akhirnya menjadi ‘Nasib’ kita. Bukankah pada awalnya kita membentuk lingkungan tempat tinggal kita, namun lambat laun lingkungan akan membentuk kita?

Feng shui merupakan pendekatan terbaik sebagai ilmu dan mudah dipraktikkan sebagai seni. Feng shui dikatakan sebagai sebuah ilmu karena banyak aplikasi feng shui didasarkan pada penggunaan hitungan yang dilakukan secara akurat dalam kelompok aliran Komas, yang juga terkenal sebagai formula feng shui. Dalam teknik aliran ini, gedung dan tata ruangan serta perabotan harus disesuaikan menurut orientasi kompas, dikombinasikan dengan penghitungan berdasarkan rumusannya, yang pada akhirnya akan membawa keberuntungan. Jika pengukuran dan penghitungan dilakukan secara tepat dan benar-benar efektif, maka formula feng shui tersebut hampir sebagian besar berhasil meningkatkan keberuntungan penghuni rumah. Dan hasilnya akan terlihat dalam waktu tidak lama. Namun ingat, bila formula feng shui tersebut dipraktikkan secara salah, maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

Janji-janji feng shui memang sangat mengesankan. Apa yang dapat kita lakukan untuk menangkap energi yang membawa keberuntungan itu ? hal tersebut tidaklah sesederhana pengertian dari teori dan filosofi feng shui. Namun, yang juga dibutuhkan adalah mulai peka terhadap perubahan yang sangat kecil sekalipun pada lingkungan Anda. Biasakanlah melihat lingkungan sekitar Anda dengan penglihatan feng shui. Kembangkan sensitivitas Anda menjadi lebih kuat lagi terhadap hal yang tidak melihat dan berdayakan lingkungan sekitar Anda.

Namun, satu yang perlu diingat adalah jangan berharap feng shui akan menjawab semua persoalan Anda. Ia hanyalah satu dari sekian banyak hal yang memengaruhi kehidupan Anda. Seperti pola makan, latar belakang keluarga, pengalaman hidup secara umum, semuanya berpengaruh pada diri Anda. Keberhasilan feng shui terutama terletak pada seberapa jauh harapan Anda bisa direalisasikan. Akan sangat efektif bila Anda mengaitkan problem dengan suatu aspek di rumah Anda, lalu membuat perubahan yang diperlukan.

 

Sumber: FENG SHUI (Solusi Tepat dalam Membangun dan Menata Rumah) Mr. Kwan & Lie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 32 other followers

%d bloggers like this: